Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda

Mysuku.com - Memori yang kuat tergantung pada kesehatan dan vitalitas otak Anda. Apakah Anda seorang siswa yang belajar untuk ujian akhir, seorang profesional yang bekerja tertarik untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk tetap tajam secara mental, atau seorang senior yang ingin melestarikan dan meningkatkan materi abu-abu Anda seiring bertambahnya usia, ada banyak tindakan yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan memori dan kinerja mental Anda.

Meningkatkan Daya Ingat Anda: 9 Tips Untuk Meningkatkan Kekuatan Otak Pada Usia Berapa Pun
Otak manusia memiliki kemampuan yang menakjubkan untuk beradaptasi dan berubah bahkan hingga usia tua. Kemampuan ini dikenal sebagai  neuroplastisitas . Dengan stimulasi yang tepat, otak Anda dapat membentuk jalur saraf baru, mengubah koneksi yang ada, dan beradaptasi dan bereaksi dengan cara yang selalu berubah.

Kemampuan otak yang luar biasa untuk membentuk kembali itu sendiri berlaku ketika menyangkut pembelajaran dan memori. Anda dapat memanfaatkan kekuatan alami neuroplastisitas untuk meningkatkan kemampuan kognitif Anda, meningkatkan kemampuan Anda untuk mempelajari informasi baru, dan meningkatkan daya ingat Anda di segala usia. 9 tips ini dapat menunjukkan caranya:

1.    Berikan Latihan Pada Otak Anda
Pada saat Anda mencapai usia dewasa, otak Anda telah mengembangkan jutaan jalur saraf yang membantu Anda memproses dan mengingat informasi dengan cepat, menyelesaikan masalah yang biasa, dan melaksanakan tugas-tugas kebiasaan dengan upaya mental minimum. Tetapi jika Anda selalu berpegang teguh pada jalan yang sudah usang ini, Anda tidak memberi stimulasi pada otak Anda untuk terus tumbuh dan berkembang. Anda harus mengguncang segalanya dari waktu ke waktu!
Pikirkan sesuatu yang baru yang selalu ingin Anda coba, seperti belajar cara bermain gitar, membuat tembikar, menyulap, bermain catur, berbicara bahasa Prancis, menari tango, atau menguasai ayunan golf Anda. Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu Anda meningkatkan daya ingat Anda, asalkan itu membuat Anda tertantang dan terlibat.

2.    Jangan Melewatkan Latihan Fisik
Walaupun latihan mental penting untuk kesehatan otak, itu tidak berarti Anda tidak perlu berkeringat. Latihan fisik membantu otak Anda tetap tajam. Ini meningkatkan oksigen ke otak Anda dan mengurangi risiko gangguan yang menyebabkan kehilangan memori, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. Olahraga juga meningkatkan efek otak yang membantu dan mengurangi hormon stres. Mungkin yang paling penting, olahraga memainkan peran penting dalam neuroplastisitas dengan meningkatkan faktor pertumbuhan dan merangsang koneksi neuron baru.

3.    Tidur Cukup
Ada perbedaan besar antara jumlah tidur yang dapat Anda peroleh dan jumlah yang Anda butuhkan untuk berfungsi sebaik mungkin. Yang benar adalah bahwa lebih dari 95% orang dewasa membutuhkan antara 7,5 hingga 9 jam tidur setiap malam untuk menghindari kurang tidur. Bahkan berhemat pada beberapa jam akan membuat perbedaan! Memori, kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, dan keterampilan berpikir kritis semuanya dikompromikan.
Tetapi tidur sangat penting untuk pembelajaran dan memori dengan cara yang bahkan lebih mendasar. Penelitian menunjukkan bahwa tidur diperlukan untuk konsolidasi memori, dengan aktivitas peningkatan memori utama terjadi selama tahap tidur yang paling dalam.

4.    Luangkan Waktu Untuk Teman-Teman
Ketika Anda memikirkan cara-cara untuk meningkatkan daya ingat, apakah Anda memikirkan kegiatan-kegiatan “serius” seperti bergulat dengan teka-teki silang atau menguasai strategi catur, atau apakah itu hiburan yang lebih ringan bergaul dengan teman-teman atau menikmati film lucu yang kepikiran? Jika Anda seperti kebanyakan dari kita, itu mungkin yang pertama. Tetapi penelitian yang tak terhitung jumlahnya menunjukkan bahwa kehidupan yang penuh dengan teman dan kesenangan datang dengan manfaat kognitif. Baca Selanjutnya >>

5.    Jaga Stres
Stres adalah salah satu musuh terburuk otak. Seiring waktu, stres kronis menghancurkan sel-sel otak dan merusak hippocampus, wilayah otak yang terlibat dalam pembentukan ingatan baru dan pengambilan yang lama. Penelitian juga menghubungkan stres dengan hilangnya memori.

6.    Tertawa
Anda pernah mendengar bahwa tertawa adalah obat terbaik , dan itu berlaku untuk otak dan memori, serta tubuh. Tidak seperti respons emosional, yang terbatas pada area otak tertentu, tawa melibatkan banyak wilayah di seluruh otak.
Lebih jauh lagi, mendengarkan lelucon dan melatih tinju mengaktifkan area-area otak yang vital bagi pembelajaran dan kreativitas. Seperti dicatat psikolog Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intelligence, "tertawa tampaknya membantu orang berpikir lebih luas dan bergaul lebih bebas."

7.    Makan Makanan yang meningkatkan otak
Sama seperti tubuh membutuhkan bahan bakar, begitu juga otak. Anda mungkin sudah tahu bahwa diet berdasarkan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, lemak"sehat" (seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, ikan) dan protein tanpa lemak akan memberikan banyak manfaat kesehatan, tetapi diet semacam itu juga dapat meningkatkan daya ingat. Untuk kesehatan otak, meskipun, itu bukan hanya apa yang Anda makan-itu juga apa yang tidak Anda makan. Baca selanjutnya Protein dan Kesahatan Manusia >>

8.    Identifikasi Dan Rawat Masalah Kesehatan
Apakah Anda merasa bahwa ingatan Anda telah mengalami penurunan yang tidak dapat dijelaskan? Jika demikian, mungkin ada masalah kesehatan atau gaya hidup yang patut disalahkan. Bukan hanya demensia atau penyakit Alzheimer yang menyebabkan kehilangan memori .

9.    Ambil Langkah Praktis Untuk Mendukung Pembelajaran Dan Memori

Perhatian. Anda tidak dapat mengingat sesuatu jika Anda tidak pernah mempelajarinya, dan Anda tidak dapat mempelajari sesuatu yaitu, menyandikannya ke dalam otak Anda jika Anda tidak cukup memperhatikannya. Diperlukan sekitar delapan detik fokus yang intens untuk memproses sepotong informasi ke dalam memori Anda. Jika Anda mudah terganggu, pilih tempat yang tenang di mana Anda tidak akan terganggu.
Libatkan sebanyak mungkin indera. Cobalah mengaitkan informasi dengan warna, tekstur, bau, dan selera. Tindakan fisik menulis ulang informasi dapat membantu menanamkannya ke otak Anda. Bahkan jika Anda seorang pembelajar visual, bacakan dengan lantang apa yang ingin Anda ingat. Jika Anda bisa membacanya secara ritmis, bahkan lebih baik.
Hubungkan informasi dengan apa yang sudah Anda ketahui. Hubungkan data baru ke informasi yang sudah Anda ingat, apakah itu materi baru yang dibangun berdasarkan pengetahuan sebelumnya, atau sesuatu yang sederhana seperti alamat seseorang yang tinggal di jalan di mana Anda sudah mengenal seseorang.
Untuk materi yang lebih kompleks, fokuslah pada pemahaman ide-ide dasar dari pada menghafal detail yang terisolasi. Berlatihlah menjelaskan ide-ide itu kepada orang lain dengan kata-kata Anda sendiri.
Latih informasi yang sudah Anda pelajari. Tinjau apa yang telah Anda pelajari pada hari yang sama dengan waktu Anda mempelajarinya, dan pada interval sesudahnya. "Latihan jarak jauh" ini lebih efektif daripada menjejalkan, terutama untuk mempertahankan apa yang telah Anda pelajari.

Gunakan perangkat mnemonik untuk mempermudah menghafal. Mnemonik (m "awal" adalah diam) adalah petunjuk apa pun yang membantu kita mengingat sesuatu, biasanya dengan membantu kita mengaitkan informasi yang ingin kita ingat dengan gambar visual, kalimat, atau kata.

Berlangganan via Email