Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Bermain untuk Orang Dewasa

Manfaat Bermain untuk Orang Dewasa

Mysuku.com - Dalam kehidupan kita yang sibuk dan modern, banyak dari kita yang begitu fokus pada komitmen pekerjaan dan keluarga sehingga kita tampaknya tidak pernah punya waktu untuk bersenang-senang. Di suatu tempat antara masa kanak-kanak dan dewasa, kita berhenti bermain. Ketika kita mengukir waktu senggang, kita lebih cenderung membuat zona di depan TV atau komputer daripada terlibat dalam kesenangan, meremajakan permainan seperti yang kita lakukan sebagai anak-anak. Tapi hanya karena kita orang dewasa, itu tidak berarti kita harus menganggap diri kita begitu serius dan membuat hidup kita semua tentang pekerjaan. Kita semua harus bermain.

Bermain tidak hanya penting untuk anak-anak, bermain bisa menjadi sumber relaksasi dan stimulasi penting bagi orang dewasa juga. Bermain dengan pasangan, teman, rekan kerja, hewan peliharaan, dan anak-anak Anda yang romantis adalah cara yang pasti (dan menyenangkan) untuk menyulut imajinasi, kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, dan kesejahteraan emosional Anda.

Permainan orang dewasa adalah waktu untuk melupakan pekerjaan dan komitmen, dan bersosialisasi dengan cara yang kreatif dan tidak terstruktur. Fokuskan permainan Anda pada pengalaman yang sebenarnya, bukan pada pencapaian tujuan apa pun. Tidak perlu ada gunanya aktivitas selain bersenang-senang dan menikmati diri sendiri. Bermain bisa hanya bermain-main dengan teman-teman, berbagi lelucon dengan rekan kerja, bersama anak-anak Anda, atau pergi bersepeda dengan pasangan Anda tanpa tujuan. Dengan memberi diri Anda izin untuk bermain dengan meninggalkan masa kanak-kanak yang menyenangkan, Anda dapat menuai banyak sekali manfaat kesehatan sepanjang hidup.

Manfaat bermain
Sementara bermain sangat penting untuk perkembangan anak, itu juga bermanfaat bagi orang-orang dari segala usia. Bermain dapat menambah kegembiraan dalam hidup, menghilangkan stres, dan menghubungkan Anda dengan orang lain dan dunia di sekitar Anda. Bermain juga dapat membuat pekerjaan lebih produktif dan menyenangkan.
Anda bisa bermain sendiri atau dengan hewan peliharaan, tetapi untuk keuntungan yang lebih besar, bermain harus melibatkan setidaknya orang lain, jauh dari perangkat elektronik yang terlalu banyak sensorik. Bermain dapat membantu anda:

Meringankan stres. Bermain itu menyenangkan dan dapat memicu pelepasan endorfin, bahan kimia alami yang terasa nyaman bagi tubuh. Endorfin meningkatkan rasa kesejahteraan secara keseluruhan dan bahkan dapat menghilangkan rasa sakit untuk sementara waktu.

Meningkatkan fungsi otak. Bermain catur, menyelesaikan teka-teki, atau mengejar kegiatan menyenangkan lainnya yang menantang otak dapat membantu mencegah masalah memori dan meningkatkan fungsi otak. Interaksi sosial bermain dengan keluarga dan teman-teman juga dapat membantu menangkal stres dan depresi.

Merangsang pikiran dan meningkatkan kreativitas. Anak kecil sering belajar terbaik ketika mereka bermain, sebuah prinsip yang berlaku untuk orang dewasa juga. Anda akan belajar tugas baru dengan lebih baik ketika itu menyenangkan dan Anda dalam suasana yang santai dan menyenangkan. Bermain juga dapat merangsang imajinasi Anda, membantu Anda beradaptasi dan menyelesaikan masalah.

Tingkatkan hubungan dan koneksi Anda dengan orang lain. Berbagi tawa dan kesenangan dapat menumbuhkan empati, kasih sayang, kepercayaan, dan keintiman dengan orang lain. Bermain tidak harus menyertakan aktivitas tertentu; itu juga bisa menjadi kondisi pikiran. Mengembangkan sifat yang menyenangkan dapat membantu Anda melonggarkan situasi yang penuh tekanan, memecahkan kebekuan dengan orang asing, mencari teman baru, dan membentuk hubungan bisnis baru.

Membuat Anda merasa muda dan energik. Dalam kata-kata George Bernard Shaw, “Kami tidak berhenti bermain karena kami menjadi tua; kita menjadi tua karena kita berhenti bermain. ”Bermain dapat meningkatkan energi dan vitalitas Anda dan bahkan meningkatkan daya tahan Anda terhadap penyakit, membantu Anda berfungsi sebaik mungkin.

Bermain membantu mengembangkan dan meningkatkan keterampilan sosial. Keterampilan sosial dipelajari sebagai bagian dari memberi dan menerima permainan. Selama bermain anak-anak, anak-anak belajar tentang komunikasi verbal, bahasa tubuh, batasan, kerja sama, dan kerja tim. Sebagai orang dewasa, Anda terus memperbaiki keterampilan ini melalui komunikasi bermain dan bermain.

Bermain mengajarkan kerja sama dengan orang lain. Bermain adalah katalisator yang kuat untuk sosialisasi positif. Melalui permainan, anak-anak belajar bagaimana "bermain dengan baik" dengan orang lain untuk bekerja bersama, mengikuti aturan yang disepakati bersama, dan bersosialisasi dalam kelompok. Sebagai orang dewasa, Anda dapat terus menggunakan permainan untuk mendobrak hambatan dan meningkatkan hubungan Anda dengan orang lain.


Bermain bisa menyembuhkan luka emosional. Sebagai orang dewasa, ketika Anda bermain bersama, Anda terlibat dalam pola perilaku yang persis sama yang secara positif membentuk otak anak-anak. Perilaku bermain yang sama yang memprediksi kesehatan emosional pada anak-anak juga dapat menyebabkan perubahan positif pada orang dewasa. Jika seorang individu yang merasa tidak aman secara emosional bermain dengan pasangan yang aman, misalnya, itu dapat membantu menggantikan keyakinan dan perilaku negatif dengan asumsi dan tindakan positif.

Berlangganan via Email