Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kurang Tidur

Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kurang Tidur

Mysuku.com - Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Academy of Sleep Medicine (AASM), kurang tidur dapat menurunkan gairah seks pada orang dewasa, melemahkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan masalah berpikir, dan menyebabkan peningkatan berat badan. 

Kurang tidur disebut juga meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan bahkan kecelakaan mengemudi. Berdasarkan data dari AASM, sekitar 1 dari 3 orang dewasa di Amerika memiliki jam tidur yang berantakan dan mereka tidak cukup terlelap dan puas. 

Kira-kira apa saja ya yang terjadi pada tubuh jika tidak cukup tidur? Berikut ini dikutip dari Health Line.

1. Mudah Lupa 

Tidak tidur semalaman tidak hanya membuat kamu menjadi pribadi yang lebih pelupa, berdasarkan penelitian, tidak tidur semalaman mengenai pada pembelajaran dan memori dalam otak. Peneliti menyimpulkan tentang tidur sangat penting untuk proses pemeriksaan hal-hal yang dipelajari oleh manusia di otak. Dengan kata lain, kita perlu istirahat yang tepat untuk mentransfer informasi baru dan memasukkannya ke memori. 


2. Tidak Bisa Berpikir

Melewatkan satu malam untuk tidur bisa menyebabkan beberapa masalah kognisi (berpikir). Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Penelitian Otak Eksperimental, kelompok 18 pria yang ditugaskan untuk dikerjakan. Tugas pertama dikerjakan setelah tidur semalaman. Tugas berikutnya dikerjakan setelah tidak tidur semalaman. Fungsi otak, termasuk memori, pengambilan keputusan, hukuman, dan pemecahan masalah, akan memburuk, bersama dengan fungsi untuk menyelesaikan dan waspada.

3. Libido Menurun 

Tidak cukup tidur bisa mengurangi gairah seks pada orang dewasa. Satu penelitian, pria muda yang tidak dapat tidur berkualitas selama periode satu minggu menunjukkan penurunan kadar testosteron. Tidur 5 jam atau kurang dari itu mampu mengurangi kadar hormon seks sebanyak 10 hingga 15 persen. Para pria yang dilibatkan dalam penelitian itu juga melaporkan bahwa mereka memiliki hati dan kekuatan yang lengkap, dengan kontribusi yang semakin menurun. 

4. Kulit Tidak Segar 

Dalam penelitian, antara orang tua antara 30 dan 50 tahun dievaluasi berdasarkan kebiasaan mereka dan kulit. Hasil studi menunjukkan, mereka yang kurang tidur akan memiliki kerutan halus, garis-garis halus di wajah, warna kulit tidak rata, dan kulit mengendur. Orang yang kurang tidur juga tidak puas dengan penampilan mereka, rekan kerja yang cukup istirahat. 
5. Berat Badan Naik 

Sebuah studi tentang hubungan antara badan dan berat pada 21.469 orang dewasa di atas usia 20 tahun. Orang yang tidur kurang dari 5 jam, setiap malam selama studi tiga tahun, bertambah berat badannya dan akhirnya bertambah gemuk. Sementara mereka yang tidur antara 7 dan 8 jam, bernasib lebih baik dari mereka yang kurang tidur.

Berlangganan via Email