Diet Sehat: Cara sederhana untuk merencanakan, menikmati, dan tetap pada diet yang sehat

Diet Sehat: Cara sederhana untuk merencanakan, menikmati, dan tetap pada diet yang sehat

mysuku.com. Makan yang sehat bukan tentang batasan diet ketat, tetap kurus atau mengurangi makanan yang Anda sukai. Sebaliknya, ini tentang merasa hebat memiliki lebih banyak energi, meningkatkan kesehatan Anda, dan meningkatkan suasana hati Anda. Jika Anda merasa kewalahan dengan semua saran nutrisi dan diet yang saling bertentangan di luar sana, Anda tidak sendirian. Tampaknya bagi setiap ahli yang memberi tahu Anda tentang makanan tertentu itu baik untuk Anda, Anda akan menemukan yang lain dan mengatakan sebaliknya. Tetapi dengan menggunakan tip-tip sederhana ini, Anda dapat menghilangkan kebingungan dan belajar bagaimana membuat dan berpegang teguh pada diet yang enak, bervariasi, dan bergizi yang baik untuk pikiran Anda seperti halnya bagi tubuh Anda.

Apa itu diet sehat?
Makan makanan sehat tidak harus terlalu rumit. Sementara beberapa makanan atau nutrisi tertentu telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada suasana hati, itu adalah pola makan Anda secara keseluruhan yang paling penting. Landasan dari pola diet sehat harus menggantikan makanan olahan dengan makanan nyata bila memungkinkan. Makan makanan yang sedekat mungkin dengan cara alam membuatnya dapat membuat perbedaan besar dengan cara Anda berpikir, melihat, dan merasakan
Piramida Makan Sehat 


The Harvard Healthy Eating Pyramid represents the latest nutritional science.  Bagian terluas di bagian bawah adalah untuk hal-hal yang paling penting. Makanan di bagian atas adalah makanan yang harus dimakan dengan hemat.

Dasar-dasar makan sehat
Sementara beberapa diet ekstrem mungkin menyarankan sebaliknya, kita semua membutuhkan keseimbangan protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral dalam makanan kita untuk mempertahankan tubuh yang sehat. Anda tidak perlu menghilangkan kategori makanan tertentu dari diet Anda, melainkan memilih opsi yang paling sehat dari setiap kategori.
Protein memberi Anda energi untuk bangkit dan terus maju sambil mendukung suasana hati dan fungsi kognitif. Terlalu banyak protein bisa berbahaya bagi penderita penyakit ginjal, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak dari kita membutuhkan lebih banyak protein berkualitas tinggi, terutama seiring bertambahnya usia. Itu tidak berarti Anda harus makan lebih banyak produk hewani, berbagai sumber protein nabati setiap hari dapat memastikan tubuh Anda mendapatkan semua protein esensial yang dibutuhkannya. Learn more >>
Lemak. Tidak semua lemak itu sama. Sementara lemak jahat dapat merusak diet Anda dan meningkatkan risiko penyakit tertentu, lemak baik melindungi otak dan jantung Anda. Faktanya, lemak sehat seperti omega 3 sangat penting bagi kesehatan fisik dan emosional Anda. Termasuk lebih banyak lemak sehat dalam diet Anda dapat membantu meningkatkan mood Anda, meningkatkan kesehatan Anda, dan bahkan memangkas ukuran pinggang Anda. Learn more >>
Serat. Mengonsumsi makanan yang kaya serat (biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan) dapat membantu Anda tetap teratur dan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Ini juga dapat memperbaiki kulit Anda dan bahkan membantu Anda menurunkan berat badan.
Kalsium. Selain menyebabkan osteoporosis, tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan Anda juga dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan kesulitan tidur. Berapapun usia atau jenis kelamin Anda, penting untuk memasukkan makanan kaya kalsium dalam diet Anda, batasi makanan yang menguras kalsium, dan dapatkan magnesium dan vitamin D dan K yang cukup untuk membantu kalsium melakukan tugasnya.
Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama tubuh Anda. Tetapi sebagian besar harus berasal dari karbohidrat kompleks yang tidak dimurnikan (sayuran, biji-bijian, buah) daripada gula dan karbohidrat olahan. Mengurangi roti putih, kue kering, tepung, dan gula dapat mencegah lonjakan cepat gula darah, fluktuasi suasana hati dan energi, dan penumpukan lemak, terutama di sekitar pinggang Anda.

Beralih ke diet sehat
Beralih ke diet sehat tidak harus menjadi proposisi semua atau tidak sama sekali. Anda tidak harus sempurna, Anda tidak harus sepenuhnya menghilangkan makanan yang Anda nikmati, dan Anda tidak harus mengubah semuanya sekaligus.
Pendekatan yang lebih baik adalah membuat beberapa perubahan kecil sekaligus. Menjaga sasaran Anda tetap sederhana dapat membantu Anda mencapai lebih banyak dalam jangka panjang tanpa merasa kehilangan atau kewalahan oleh perbaikan besar-besaran diet. Pikirkan merencanakan diet sehat sebagai sejumlah langkah kecil yang bisa diatur seperti menambahkan salad ke dalam diet Anda sekali sehari. Saat perubahan kecil Anda menjadi kebiasaan, Anda dapat terus menambahkan pilihan yang lebih sehat.
Untuk mengatur diri Anda untuk sukses diet, cobalah untuk menjaga hal-hal sederhana. Makan makanan yang sehat tidak harus rumit. Alih-alih terlalu khawatir dengan menghitung kalori, misalnya, pikirkan diet Anda dalam hal warna, variasi, dan kesegaran. Fokus pada menghindari makanan yang dikemas dan diproses dan memilih bahan-bahan segar lebih banyak bila memungkinkan.
Siapkan lebih banyak makanan Anda sendiri. Memasak lebih banyak makanan di rumah dapat membantu Anda mengendalikan apa yang Anda makan dan memantau dengan lebih baik apa yang masuk ke dalam makanan Anda. Anda akan makan lebih sedikit kalori dan menghindari bahan kimia tambahan, gula tambahan, dan lemak tidak sehat dari makanan kemasan dan makanan bungkus yang dapat membuat Anda merasa lelah, kembung, dan mudah tersinggung, dan memperburuk gejala depresi, stres, dan kecemasan.
Lakukan perubahan yang benar. Saat mengurangi makanan tidak sehat dalam diet Anda, penting untuk menggantinya dengan alternatif sehat. Mengganti lemak trans berbahaya dengan lemak sehat (seperti mengganti ayam goreng dengan salmon panggang) akan membuat perbedaan positif bagi kesehatan Anda. Mengalihkan lemak hewani untuk karbohidrat olahan (seperti mengganti bacon sarapan Anda dengan donat), tidak akan menurunkan risiko penyakit jantung atau meningkatkan suasana hati Anda.
Baca labelnya. Penting untuk mengetahui apa yang ada dalam makanan Anda karena produsen sering menyembunyikan gula dalam jumlah besar atau lemak tidak sehat dalam makanan kemasan, bahkan makanan yang diklaim sehat.
Fokus pada apa yang Anda rasakan setelah makan. Ini akan membantu menumbuhkan kebiasaan dan selera baru yang sehat. Semakin sehat makanan yang Anda makan, semakin baik perasaan Anda setelah makan. Semakin banyak junk food yang Anda makan, semakin besar kemungkinan Anda merasa tidak nyaman, mual, atau kehabisan energi.
Minum banyak air. Air membantu menyiram sistem produk limbah dan racun kita, namun banyak dari kita mengalami dehidrasi seumur hidup — menyebabkan kelelahan, energi rendah, dan sakit kepala. itu umum untuk mengira haus kelaparan, jadi tetap terhidrasi dengan baik juga akan membantu Anda membuat pilihan makanan yang lebih sehat.

Bukan hanya apa yang Anda makan, tetapi saat Anda makan
Makan sarapan, dan makan makanan kecil sepanjang hari. Sarapan yang sehat dapat meningkatkan metabolisme Anda, sambil makan makanan kecil dan sehat menjaga energi Anda sepanjang hari.
Hindari makan larut malam. Usahakan untuk makan malam lebih awal dan puasa selama 14-16 jam hingga sarapan pagi berikutnya. Studi menunjukkan bahwa makan hanya ketika Anda paling aktif dan memberikan sistem pencernaan Anda istirahat panjang setiap hari dapat membantu mengatur berat badan.
Tambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam diet Anda. Buah dan sayuran rendah kalori dan nutrisi padat, yang berarti mereka dikemas dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Fokus pada makan jumlah harian yang disarankan setidaknya lima porsi buah dan sayuran dan secara alami akan mengisi Anda dan membantu Anda mengurangi makanan yang tidak sehat. Satu porsi adalah setengah cangkir buah mentah atau sayuran atau apel kecil atau pisang, misalnya. Sebagian besar dari kita perlu menggandakan jumlah yang saat ini kita makan.

Untuk menambah asupan Anda:

  1. Tambahkan berry kaya antioksidan ke sereal sarapan favorit Anda
  2. Makan medley buah-buahan manis, jeruk, mangga, nanas, anggur untuk pencuci mulut
  3. Tukar nasi atau lauk pasta Anda yang biasa untuk salad berwarna-warni
  4. Alih-alih mengonsumsi makanan ringan olahan, kudapan sayuran seperti wortel
  5. kacang polong, atau tomat ceri bersama dengan saus hummus pedas atau selai kacang

Cara membuat sayuran enak
Ada banyak cara untuk menambah rasa pada hidangan sayuran Anda.
Tambahkan warna. Tidak hanya lebih cerah, sayuran berwarna lebih dalam mengandung konsentrasi vitamin, mineral, dan antioksidan yang lebih tinggi, tetapi mereka juga dapat memvariasikan rasa dan membuat makanan lebih menarik secara visual. Tambahkan warna menggunakan tomat segar atau sundried, wortel atau bit mengkilap, potongan kubis merah panggang, labu kuning, atau paprika berwarna-warni yang manis.
Menambahkan salad sayuran. Kale, arugula, bayam, sawi, brokoli, dan kol Cina semuanya mengandung nutrisi. Untuk menambah rasa pada salad sayuran Anda, cobalah sirami dengan minyak zaitun, tambahkan saus pedas, atau taburi dengan potongan almond, buncis, sedikit bacon, parmesan, atau keju kambing.
Tambahkan rasa manis alami. Sayuran manis alami seperti wortel, ubi jalar, ubi, bawang, paprika, dan labu tambahkan rasa manis pada makanan Anda dan kurangi keinginan Anda untuk menambah gula. Tambahkan ke sup, semur, atau saus pasta untuk menciptakan manis yang memuaskan
Masak kacang hijau, brokoli, kubis Brussel, dan asparagus dengan cara baru. Alih-alih merebus atau mengukus sisi sehat ini, cobalah memanggang, atau menggorengnya dengan cabai bubuk, bawang putih, bawang merah, jamur. Atau rendam dalam lemon atau jeruk nipis sebelum dimasak.