Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memilih Protein Sehat Dalam Diet Sehat Anda

Memilih Protein Sehat Dalam Diet Sehat Anda

       Mysuku.com. Protein menyediakan energi dan mendukung suasana hati dan fungsi kognitif Anda. Meskipun ada dalam banyak makanan yang kita makan setiap hari, untuk sesuatu yang sangat umum sering menjadi bagian yang salah dipahami dari diet kita. 

Apa itu protein?
Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membangun, memelihara, dan memperbaiki jaringan, sel, dan organ di seluruh tubuh. Ketika Anda makan protein, itu dipecah menjadi 20 asam amino yang merupakan bahan dasar pembangun tubuh untuk pertumbuhan dan energi. Asam amino triptofan mempengaruhi suasana hati dengan memproduksi serotonin, yang dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan serta meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan.




       Sebagian besar sumber protein hewani, seperti daging, unggas, ikan, telur, dan susu, memberikan semua asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda, sementara sumber protein nabati seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan kacang-kacangan sering kekurangan satu atau lebih asam amino esensial. Namun, itu tidak berarti Anda harus makan produk hewani untuk mendapatkan asam amino yang tepat. Dengan makan berbagai sumber protein nabati setiap hari Anda dapat memastikan tubuh Anda mendapatkan semua asam amino esensial yang dibutuhkannya.

Manfaat protein bagi kesehatan
      Protein memberi Anda energi untuk bangkit dan pergi dan terus berjalan. Walaupun terlalu banyak protein dapat berbahaya bagi penderita penyakit ginjal, diabetes, dan beberapa kondisi lain, makan protein berkualitas tinggi dengan jumlah yang tepat:
  • Menjaga sistem kekebalan Anda berfungsi dengan baik, menjaga kesehatan jantung dan sistem pernapasan Anda, dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga
  • Sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dan untuk menjaga kesehatan di hari tua Anda
  • Dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular
  • Dapat membantu Anda berpikir jernih dan dapat meningkatkan daya ingat
  • Dapat meningkatkan suasana hati Anda dan meningkatkan resistensi Anda terhadap stres, kecemasan, dan depresi
  • Dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dengan mengekang nafsu makan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan memberi Anda energi ekstra untuk berolahraga.
       Selain penting untuk merasa sehat dan berenergi, protein juga penting untuk penampilan Anda. Makan protein berkualitas tinggi dapat membantu Anda menjaga kulit, kuku, dan rambut yang sehat, membentuk otot, dan menjaga massa tubuh tanpa lemak saat berdiet. Sementara kebanyakan orang yang makan diet Barat mendapatkan jumlah protein yang cukup setiap hari, banyak dari kita tidak mendapatkan kualitas protein yang kita butuhkan.
Sumber protein berkualitas tinggi
       Ikan. Sebagian besar makanan laut tinggi protein dan rendah lemak jenuh. Ikan seperti salmon, sarden, teri, sablefish, dan herring juga tinggi asam lemak omega-3. Para ahli merekomendasikan makan makanan laut setidaknya dua kali seminggu.
       Unggas. Menghilangkan kulit ayam dan kalkun dapat mengurangi lemak jenuh. Di A.S., unggas non-organik juga dapat mengandung antibiotik dan dibesarkan dengan pakan transgenik yang ditumbuhkan dengan pestisida, jadi pilihlah yang organik dan jarak-bebas jika memungkinkan.
     Produk susu. Produk-produk seperti susu skim, keju, dan yoghurt menawarkan banyak protein sehat. Waspadalah terhadap gula tambahan dalam yogurt rendah lemak dan rasa susu, dan hindari keju olahan yang sering mengandung bahan-bahan non-susu.
      Kacang polong. Kacang polong dikemas penuh dengan protein dan serat. Tambahkan ke salad, sup, dan semur untuk meningkatkan asupan protein Anda.
      Kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain kaya akan sumber protein, kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya serat dan lemak "baik". Tambahkan ke salad atau tetap berguna untuk camilan.

loading...

Berlangganan via Email