Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tertawa Adalah Obat Terbaik: Manfaat kesehatan dari humor dan tawa

Tertawa Adalah Obat Terbaik: Manfaat kesehatan dari humor dan tawa

Mysuku.com - Tentu, berbagi tawa yang menyenangkan itu menyenangkan. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan Anda? Memang benar: tertawa adalah obat kuat. Ini menarik orang bersama dengan cara yang memicu perubahan fisik dan emosional yang sehat dalam tubuh. Tertawa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan melindungi Anda dari efek stres yang merusak. Sebagai anak-anak, kami biasa tertawa ratusan kali sehari, tetapi sebagai orang dewasa, kehidupan cenderung lebih serius dan tawa lebih jarang terjadi. Tetapi dengan mencari lebih banyak peluang untuk humor dan tawa, Anda dapat meningkatkan kesehatan emosional Anda, memperkuat hubungan Anda, menemukan kebahagiaan yang lebih besar.

Mengapa tertawa adalah obat termanis bagi pikiran dan tubuh?
Tertawa adalah penangkal kuat stres, rasa sakit, dan konflik. Tidak ada yang bekerja lebih cepat atau lebih dapat diandalkan untuk mengembalikan pikiran dan tubuh Anda daripada tawa yang baik. Humor meringankan beban Anda, menginspirasi harapan, menghubungkan Anda dengan orang lain, dan membuat Anda tetap hidup, fokus, dan waspada. Ini juga membantu Anda melepaskan kemarahan dan memaafkan lebih cepat.


Dengan begitu banyak kekuatan untuk menyembuhkan dan memperbarui, kemampuan untuk tertawa dengan mudah dan sering adalah sumber yang luar biasa untuk mengatasi masalah, meningkatkan hubungan Anda, dan mendukung kesehatan fisik dan emosional. Terbaik dari semua, obat yang tak ternilai ini menyenangkan, gratis, dan mudah digunakan.

Tertawa itu baik untuk kesehatan Anda:
Tawa merilekskan seluruh tubuh. Tawa yang baik dan hangat mengurangi ketegangan fisik dan stres, membuat otot Anda rileks hingga 45 menit setelahnya.
Tertawa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tertawa mengurangi hormon stres dan meningkatkan sel kekebalan dan antibodi penangkal infeksi, sehingga meningkatkan daya tahan Anda terhadap penyakit.
Tertawa memicu pelepasan endorfin, bahan kimia alami yang terasa nyaman bagi tubuh. Endorfin meningkatkan rasa yang baik, nyaman secara keseluruhan dan bahkan dapat menghilangkan rasa sakit untuk sementara waktu.
Tertawa melindungi hati. Tertawa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu melindungi Anda terhadap serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.
Tertawa membakar kalori. jadi tidak ada pengganti untuk pergi ke gym, tetapi satu penelitian menemukan bahwa tertawa selama 10 hingga 15 menit sehari dapat membakar sekitar 40 kalori yang bisa cukup untuk menurunkan tiga atau empat pound selama setahun.
Tertawa meringankan beban amarah . Tidak ada yang meredakan kemarahan dan konflik lebih cepat daripada tawa bersama. Melihat sisi lucu dapat menempatkan masalah ke dalam perspektif dan memungkinkan Anda untuk beralih dari konfrontasi tanpa berpegang pada kepahitan atau kebencian.


Manfaat tertawa bagi kesehatan fisik:
  • Meningkatkan imunitas
  • Menurunkan hormon stres
  • Mengurangi rasa sakit
  • Relakskan otot Anda
  • Mencegah penyakit jantung

Manfaat tertawa bagi kesehatan mental:
  • Menambah kegembiraan dan semangat hidup
  • Meredakan kecemasan dan ketegangan
  • Meredakan stres
  • Meningkatkan mood
  • Memperkuat ketahanan

Manfaat sosial dari tertawa:
  • Perkuat hubungan
  • Menarik orang lain kepada kita
  • Meningkatkan kerja tim
  • Membantu meredakan konflik
  • Mempromosikan ikatan kelompok


Rujukan bacaan:
Program Latihan Berbasis Tawa untuk Orang Dewasa yang Lebih Tua memiliki Manfaat Kesehatan  - Manfaat simulasi tawa. Universitas Negeri Georgia
The Science of Laughter  - Tawa, humor, dan permainan sebagai alat sosial. Psychology Today

Berlangganan via Email