Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan: Konsep Dasar Biaya



Latihan:
  1. Manufaktur, Klasifikasi Biaya, Penelusuran Biaya, dan Laporan Laba Rugi.

My Hamburger  memproduksi dan menjual hamburger ukuran 136 gram. Setiap burger dijual dengan harga 1,50. Selama bulan Desember,  My Hamburger  menjual 10.000 burger (jumlah rata-rata yang dijual setiap bulan). Restoran ini mempekerjakan beberapa orang koki, beberapa orang pelayan, dan seorang supervisor (yaitu pemiliknya sendiri, si fulan). Semua koki dan pelayan merupakan karyawan paruh waktu . My Hamburger  mempertahankan sekelompok karyawan paruh waktu sehingga  jumlah karyawan yang dijadwalkan dapat disesuaikan dengan perubahan permintaan. Permintaan bervariasi berdasarkan mingguan dan bulanan.
Seorang petugas kebersihan disewa untuk pemeliharaan gedung setiap minggu. Gedung tersebut disewa dari perusahaan properti lokal. Gedung tidak dilengkapi dengan fasilitas tempat duduk. Seluruh pesanan melalui drive through.
Supervisor  menjadwalkan pekerjaan, membuka gedung, menghitung kas, mengiklankan, bertanggung jawab merekrut dan memberhentikan karyawan. Biaya berikut terjadi selama bulan Desember.


Daging hamburger
1.600
Utilitas
500
Selada
300
Penyusutan

Tomat
250
        Peralatan masak
200
Roti
300
        Mesin kas
50
Bahan lain
20
Iklan
100
Upah koki
2550
Upah petugas kebersihan
120
Upah pelayan
2032
Perlengkapan kebersihan
50
Gaji Supervisor
2000
sewa
800

Anda Diminta:
1.       Klasifikasilah biaya operasi My Hamburger  selama bulan Desember dalam kategori berikut: bahan langsung, tenaga kerja langsung, orverhead, penjualan, dan  administrasi
2.       Susunlah laporan laba rugi perhitungan biaya absorpsi untuk bulan Desember!
3.       Misalkan My Hamburger  juga membuat sandwich ayam panggang dan anda ingin menentukan biaya pembuatan hamburger dan sandwich tersebut. Bagaimana anda membedakan biaya depresiasi untuk peralatan masak pada setiap produk? Apakah hal itu termasuk penelusuran lagsung, penelusuran penggerak, atau alokasi? Jelaskan!


2.     Jasa, Sistem Biaya, dan Laporan Laba rugi

San Diego Hils menawarkan berbagai jasa pemakaman. Berdasarkan pengalaman masa lalu, San Diego Hils menggunakan rumus berikut untuk menguraikan total biaya overhead-nya: Y = 200.000 +  50X, di mana Y = total biaya overhead, dan X = jumlah pemakaman. Biaya overhead yang dialokasikan melalui pembagian total biaya overhead dengan jumlah pemakaman. Pada pemakaman tertentu, biaya bahan langsung berkisar 1.500 hingga  10.000 untuk jenis peti mati yang dipilih oleh keluarga almarhum. Rata-disetujui adalah 4.000. Rata-rata biaya tenaga kerja langsung adalah 1.000 per pemakaman. Selama tahun 2018, San Diego Hils menyelenggarakan  1.000 pemakaman. Harga rata-rata yang dikeluarkan untuk setiap pemakaman adalah 7.000. San Diego Hils mengeluarkan beban penjualan tahunan sebesar 50.000 dan beban administrasi sebesar 150.000.

Anda Diminta
1.       Apakah San Diego Hils menjual produk berwujud atau tidak berwujud? Jelaskan!
2.       Apakah San Diego Hils menggunakan sistem akuntansi manajemen berdasarkan  fungsi atau berdasarkan aktivitas? Jelaskan! Menurut Anda, apakah sistem tersebut merupakan pilihan yang tepat? Jelaskan!
3.       Berapakah total biaya overhead yang dikeluarkan San Diego Hils selama tahun tersebut?
4.       Berapakah biaya overhead per pemakaman selama tahun tersebur?
5.       Hitunglah harga pokok produk per unit selama tahun tersebut!
6.       Buatlah laporan laba rugi untuk San Diego Hils!



loading...

Berlangganan via Email