Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makanan Sehat untuk Memperkuat Tulang

Makan Sehat untuk Memperkuat Tulang

Mysuku.com - Kalsium adalah nutrisi utama yang sering kita abaikan dalam diet kita. Hampir setiap sel dalam tubuh menggunakan kalsium dalam beberapa cara, termasuk sistem saraf, otot, dan jantung. Ini adalah blok bangunan penting untuk kesehatan tulang seumur hidup pada pria dan wanita, dan tidak mendapatkan cukup kalsium dalam diet Anda dapat berkontribusi pada kecemasan, depresi, dan kesulitan tidur. Berapapun usia atau jenis kelamin Anda, penting untuk memasukkan makanan kaya kalsium dalam diet Anda, batasi makanan yang menguras kalsium, dan dapatkan magnesium dan vitamin D dan K yang cukup untuk membantu kalsium melakukan tugasnya.

Apa manfaat kesehatan dari kalsium?
Antara lain, tubuh Anda menggunakan kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang sehat, menjaganya tetap kuat seiring bertambahnya usia, mengirim pesan melalui sistem saraf, membantu pembekuan darah, kontraksi otot, dan mengatur ritme jantung. Jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium dalam diet Anda, tubuh Anda akan mengambil kalsium dari tulang Anda untuk memastikan fungsi sel normal, yang dapat menyebabkan tulang lemah atau osteoporosis. Kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan, atau memperburuk, masalah suasana hati seperti lekas marah, cemas, depresi, dan sulit tidur. Jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium dalam diet Anda, tubuh Anda akan mengambil kalsium dari tulang Anda untuk memastikan fungsi sel normal, yang dapat menyebabkan tulang lemah atau osteoporosis. Kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan, atau memperburuk, masalah suasana hati seperti lekas marah, cemas, depresi, dan sulit tidur.

Terlepas dari fungsi-fungsi vital ini, banyak dari kita yang bingung tentang kalsium dan cara terbaik melindungi tulang dan kesehatan kita secara keseluruhan. Berapa banyak kalsium yang harus Anda dapatkan? Di mana Anda harus mendapatkannya? Dan apa masalahnya dengan vitamin D, magnesium, dan nutrisi lain yang membantu kalsium melakukan tugasnya? Kebingungan ini berarti bahwa banyak dari kita tidak mendapatkan jumlah kalsium harian yang direkomendasikan dan sekitar satu dari dua wanita (dan sekitar satu dari empat pria) yang berusia di atas 50 tahun akan patah tulang karena osteoporosis.

Mendapatkan cukup kalsium dalam makanan Anda tidak hanya penting untuk orang tua. Ini juga penting untuk anak-anak, remaja, dan dewasa muda karena kita terus membangun massa tulang hingga usia 20-an. Sejak saat itu, kita dapat kehilangan massa tulang tanpa kalsium yang cukup dalam makanan kita. Tetapi berapapun usia Anda, penting untuk merawat tulang Anda dan mendapatkan jumlah kalsium yang tepat dari makanan yang Anda makan.

Sumber kalsium makanan yang baik
Sumber kalsium yang baik termasuk produk susu, sayuran hijau berdaun, ikan tertentu, oatmeal dan biji-bijian lainnya, tahu, kol, labu musim panas, kacang hijau, bawang putih, sayuran laut dan makanan yang diperkaya kalsium seperti sereal dan jus jeruk.

Kiat untuk meningkatkan asupan kalsium Anda
Untuk meningkatkan asupan harian Anda, cobalah untuk memasukkan makanan kaya kalsium dalam berbagai makanan atau makanan ringan.

Kiat untuk menambahkan lebih banyak kalsium dari susu ke makanan Anda
  • Gunakan susu saat membuat oatmeal atau sereal sarapan panas lainnya.
  • Gantilah susu untuk beberapa cairan dalam sup seperti tomat, labu, labu, kari, dll.
  • Susu dapat ditambahkan ke banyak saus atau digunakan sebagai dasar dalam saus seperti saus Alfredo dan B├ęchamel.
  • Buat panekuk gandum utuh dan wafel menggunakan susu atau yogurt.
  • Berkreasilah dengan yogurt polos. Gunakan untuk membuat saus, atau coba pada kentang sebagai pengganti krim asam.
  • Tambahkan susu atau yogurt ke smoothie buah. Anda bahkan dapat membekukan smoothie campuran untuk es loli.
  • Nikmati keju untuk hidangan penutup atau sebagai camilan. Cobalah cheddar, mozzarella, Gouda, jack, Parmesan, atau jenis keju yang belum pernah Anda miliki sebelumnya.

Click juga : Diet Sehat: Cara sederhana untuk merencanakan, menikmati, dan tetap pada diet yang sehat

Kiat untuk mendapatkan kalsium dari sumber non-susu:
Hijau dapat dengan mudah ditambahkan ke sup, casserole, atau tumis.  Pilih kale, collard greens, lobak hijau, dandelion, sawi, bit, brokoli, dan kubis. Tambahkan hidangan ini dan lainnya dengan bawang putih, kemangi, thyme, oregano, dan rosemary untuk menambahkan lebih banyak nutrisi.
Makan  salad berdaun hijau gelap dengan makanan Anda. Coba romaine hati, arugula, selada mentega, mesclun, selada air, atau selada daun merah (hindari selada gunung es karena memiliki nilai gizi yang sangat sedikit).
Tambahkan porsi ekstra sayuran untuk makanan Anda, yaitu asparagus, kacang hijau segar, brokoli, kol, okra, bok choy.
Salad top atau membuat sandwich dengan ikan kalengan dengan tulang, seperti sarden dan salmon merah muda.
Gunakan kacang / kacang-kacangan sebagai bagian dari makanan Anda. Mereka bagus dalam rebusan, cabai, sup, atau sebagai bagian protein dari makanan. Cobalah tahu, tempe, kacang polong, kacang hitam, dan kacang kering lainnya. Anda juga bisa mengudap edamame.
Mulailah hari Anda dengan gandum. Steel cut oat atau oat gulung membuat sarapan mengisi. Untuk pukulan tambahan termasuk kayu manis
Camilan kacang dan biji - bijian seperti almond dan biji wijen. Anda juga dapat menambahkan ini ke oatmeal pagi Anda.
Pesan atau siapkan roti lapis dengan roti gandum.

Berlangganan via Email