Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eps. 6 - Kejenuhan Dalam Aktivitas Perkuliahan.


Saya akan bercerita sedikit lika liku yang saya alami dalam masa perkuliahan secara garis besarnya saja. Saya Lulus SMK diumur 17 tahun, umur yg cukup muda bukan. Awal selesai sekolah menengah atas, saya sangat bersemangat dalam menempuh jenjang pendidikan dalam perguruan tinggi... Mungkin karena dipengaruhi dengan usia yang masih menggebu-gebu dalam menjalan rutinitas yang ada.

Awal masuk kampus, jujur saya tipe orang yang kurang bisa bergaul karena lebih nyaman diam jika itu tidak dengan orang yang dekat dengan saya. Pertama masuk UNMUS, saya mikir wah gede banget Universitas Musamus ini sampai capek jalan kesana kemari lengkapi berkas-berkas pendaftaran. Tetapi itu menjadi biasa saja ketika saya sudah semester 5 tepatnya sudah 2 tahun kuliah di UNMUS, dan berfikir UNMUS adalah salah satu kampus yang memiliki area yang sempit dalam penataan ruangannya, juga parkiran motor yang bahkan tidak dapat menampung semua motor-motor mahasiswa yang ada, dan ruang kelas yang selalu kotor tetapi tidak pernah dibersihkan karena tidak ada petugas kebersihan dari kampus sepertinya... Lagi-lagi harus mahasiswa yang bersihkan itu juga point minus menurut saya dibandingkan dengan universitas-universitas lain.
Awal masuk kampus, suasana baru sangat saya nikmati, hingga berujung ke suasana suram kini yanh terasa. Ya alasan utama, karena jadwal ujian yang tidak pasti dan tidak pernah ada libur semester lebih dari 1 atau 2 bulan seperti kampus negeri di luar sana. Jika telah selesai UAS pasti langsung membuka administrasi semester berikutnya tanpa ada jeda libur yang berarti. Ups sorry jadi banyak mengeluh.

Dari sinilah awal mula kejenuhan berasal, tetapi itu semua berlalu begitu saja tanpa saya pusingkan. Hanya saat ini, kejenuhan itu muncul kembali ketika berada di tingkatan semester 5 dimana dosen-dosen sangat disiplin dibanding semester kemarin, banyak banget tugas sampai bingung mau kerja yang mana karena kumpul di minggu yang sama dan jeda waktu pengerjaan yang sama, baru selesai kerja tugas dan kumpul ke dosen beberapa menit kemudian muncul tugas baru dari dosen yang sama padahal tugas lain belum kelar. Jenuh bukan karena kesulitan tugas yang diberikan, tetapi rutinitas yang ada dimana tidak ada waktu piknik karena saya juga aktif organisasi jadi waktu saya terpakai setiap hari kuliah, organisasi, kerja tugas, tidur, dan kuliah lagi. Seperti itu dari minggu ke minggu, bulan ke bulan sampai ke Penghujung Tahun.

Dan karena rutinitas itu, hari minggu bukan lah hari libur bagi saya tetapi nyicil tugas-tugas yang ada. Dan ketika sudah berasa di Penghujung Semester, seperti yang saya jabarkan diatas, mahasiswa tidak akan sempat untuk berlibur, malah akan sibuk langsung administrasi semester berikutnya.
Ketika lelah dengan keadaan, mungkin ada satu kutipan yang saya gunakan sebagai penyemangat, yaitu "Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian". Saat ini perjuangan itu belum usai, dan tujuan dari sebuah Perjuangan Adalah Penghujung Peristirahatan dalam hidup.
Semangat! Ada yang menunggu untuk kau bahagiakan di hari esok. 😊 (PFK)

loading...

Berlangganan via Email