Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Eps 3 Catatan Mahasiswa

Eps 3 Catatan Mahasiswa


Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana matakuliah akuntansi perilaku sangat berperan dalam membentuk pola pikir mahasiswa dalam mempelajari efek dari perilaku-perilaku yang dilakukannya, dan sikap yang seperti apa yang harus dilakukan dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dilaluinya.

Pada pertemuan tanggal 25 Oktober 2019, ada pembahasan yang menarik dalam menguji pola pikir kami mahasiswa yang ada diruangan itu pada saat itu.
Dimana kami dihadapkan pada pilihan, seingat saya ceritanya seperti ini “Ketika kita dihadapkan pada 3 pilihan yaitu pada saat hujan yang amat deras dimalam hari disuatu jalan. Ada 3 orang yang meminta tumpangan pertama sahabat yang pernah menyelamatkan nyawa kita yang pada saat itu memiliki keperluan yang mendesak, kedua ibu hamil yang telah siap melahirkan, dan yang terakhir yaitu rekan bisnis yang akan memberikan kontrak kerja dengan keuntungan yang besar.”

Banyak dari kami memikirkan, selamatkan saja si ibu hamil karena ada 2 nyawa yang harus diselamatkan… toh sahabat kita pasti bias dimengerti dan rejeki pasti ada dilain waktu.
Ketika saat itu, ada salah satu diantara kami menyuarakan, bagaimana kalau yang naik mobil adalah sahabat kita dan si ibu hamil, dan untuk rekan bisnis kita temani sambil berjalan bersama dibawah hujan. Alasannya adalah agar kita bisa membalas budi sahabat kita juga sekaligus menyelamatkan si ibu hamil dan bayinya.

Ketika saat itu, dosen yang mengajar kami juga sependapat. Hal itu memang diluar pemikiran orang pada umumnya, yang mana menurut saya ketika saya terfikirkan lagi hal itu menunjukkan bahwa sangat sedikit sekali orang benar-benar rela berkorban dan tetap memikirkan keselamatannya sekalipun pada orang yang pernah berjasa bagi hidupnya.

Dapat disimpulkan, tingkat keperdulian dizaman sekarang sudah mulai hilang sekalipun tidak benar-benar hilang. Perlu adanya evaluasi lebih dalam lagi tentang bagaimana kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar, tidak hanya focus pada apa yang kita fikirkan benar tetapi memikirkan apa yang membuat kita benar-benar berguna bagi sekitar semaksimal mungkin. (PFK)

Berlangganan via Email